Minggu, 28 Desember 2014

Hamparan indah di laut Selatan (Gunungkidul bagian 2)



Pantai merupakan wahana yang tentunya sudah tidak asing bagi siapapun. Di Gunungkidul, kita akan menjumpai banyak sekali pantai dengan karakter dan view yang berbeda-beda. Pada kesempatan kali ini akan saya bahas beberapa pantai yang berada di Gunungkidul dengan perbedaan keistimewaan masing-masing.

1.      Pantai Sadeng
Pantai Sadeng terletak di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo  adalah salah satu pantai yang terletak paling timur dan juga sebagai tempat pelelangan ikan di Gunungkidul.
Sebelum kita sampai ke pantai Sadeng, kita akan melewati Sungai Bengawan Solo Purba.
bengawan solo purba

2.      Pantai Wediombo
       Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo  kabupaten Gunungkidul yang merupakan pantai yang masuk wilayah timur. 

3.      Pantai Siung

Terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Terdapat tebing yang tinggi yang biasa digunakan untuk panjat tebing.



4.      Pantai Nglambor
Pantai Nglambor terletak disebelah Pantai Siung (jalannya searah) tetapi nanti masuk ke jalan setapak. Pantai ini adalah pantai baru dan masih alami.



5.      Pantai Jogan
Pantai Jogan adalah tetangga dekat dari Pantai Nglambor hanya saja terpisah dengan bukit. Pantai ini terdapat air terjun.


6.      Pantai Timang
Terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Jalan menuju pantai Timang masih sulit karena belum di aspal. Terdapat gondola dan merupakan tempat tambak lobster.

7.      Pantai Indrayanti
Terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Pantai ini bisa dibilang Pantai paling modern di Gunungkidul, yang bersebelahan dengan Pantai Sundak.
8.      Pantai Krakal
Terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Pantai ini sangat luas dan cocok untuk camping.

9.      Pantai Kukup
Terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Pantai ini bisa disebut “Tanah Lot-nya pulau Jawa” karena terdapat Gardu Pandang.

10.  Pantai Baron
 Terletak di Desa Kemadang, Kecamatan tanjungsari. Terdapat aliran sungai bawah tanah.

11.  Pantai Ngobaran
Pantai ini bisa dikatakan sebagai “Balinya Gunungkidul”.


3 komentar: